Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 22 Februari 2011

Baabussalam Islamic Boarding school

Pondok Modern Baabussalam
Simpang Niam Mengupeh kec Tengah Ilir Kab Tebo Jambi
I. LATAR BELAKANG DAN SEJARAH

Berdasarkan ayat Al-qur’an yang berbunyi :
يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتواالعلم درجت ( المجادلة 11: )

Artinya:  Allah akan mengangkat derajat orang orang yang beriman diantara kamu dan orang   
 orang yang berilmu. 
 
Dan sabda rasulullah SAW.
خيركم من تعلم القرأن وعلمه ( رواه الستة )
Artinya : Sebaik-baik kamu adalah orang-orang yang mempelajari Al-Qur’an dan yang
 mengajarinya .

Berawal dari pembicaraan beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat Tebo yang berangkat ke tanah suci mekah yang menunaikan ibadah haji Tahun 2003-2004 diantara mereka : H. Komarudin , H. Suhaidi Dkk ,setelah melihat beberapa lembaga pendidikan di Mekkah  dan Madinah maka tercetuslah ide dan harapan untuk membuat lembaga pendidikan yang bermutu dan seimbang. Sebagai salah satu lembaga pendidikan Pondok Pesantren banyak andil dalam pembinaan masyarakat baik mental maupun spritual yang merupakan tulang punggung untuk membentuk manusia yang berakhlak dan berilmu pengetahuan yang tinggi.

Melihat perkembangan dan kemajuan zaman di era globalisasi ini kita tidak bisa mengingkari  bahwa antara bekal untuk hidup di dunia dan akhirat tidak bisa dipisahkan, kita akan ketinggalan jauh kalau hanya memilih salah satu dari dua hal ini.Untuk itu, Pondok pesantren BAABUSSALAM berusaha menjaga keseimbangan antara pendidikan agama dan pendidikan umum.

Pondok pesantren BAABUSSALAM dengan program KMI (Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah) yang berapliasi ke PMD GONTOR dipimpin oleh direkturnya yang bernama Muhammad Rovicky alumni PMD GONTOR 2002 dan dibantu beberapa ustazd alumni PP SAADATUDDAREN jambi berupaya mengintensifkan stabilitas pendidikan dan pengajaran dengan variasi program-programnya dengan ritme dinamika yang beragam menuju peningkatan manajemen mutu pendidikan santrinya.

Dalam rangka menjawab tantangan dunia modern serta global. Maka, peran pondok pesantren juga tertantang untuk sama-sama menjadi solusi. Sudah saatnya out put pondok pesantren menjadi pelopor untuk menembus dunia global dengan skill modern tanpa mengesampingkan nilai-nilai religius.

Sebagaimana layaknya Pondok pesantren, untuk langkah pendidikan Pondok Pesantren BAABUSSALAM juga mewajibkan kepada seluruh santrinya untuk mondok di Asrama Santri yang tersedia di kompleks Pesantren. Selain itu juga memberlakukan aturan-aturan santri yang telah dibuat sebelumnya sebagai rambu-rambu pendidikan. Usaha-usaha pondok pesantren  dalam mendidik santrinya haruslah sesuai dengan nilai nilai luhur islam dan perkembangan dunia imformasi dewasa ini, hal ini sesuai motto pondok berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas.

Animo masyarakat untuk mengirim putra putrinya cukup besar terbukti pada tahun ketiga jumlah santri menunjukkan perubahan yang drastis dengan jumlah murid 105 santri yang datang dari berbagai daerah kab. Tebo . dan sekitarnya.

Semoga Allah SWT Memberikan karunia, taufiq dan hidayahnya untuk kita semua, demi tegaknya kalimat Allah di muka bumi ini.



II. VISI DAN MISI PONDOK PESANTREN BAABUSSALAM AL-ISLAM

      Visi Pondok Pesantren Baabusslam adalah:

  1. Menjadikan Pondok Pesantren Baabussalam sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas
  2. Menjadikan Pondok Pesantren Baabussalam lembaga pendidikan percontohan yang berkualitas
  3. Membina da’i/da’iah yang cerdas
  4. Membina kepemimpinan  generasi ummat islam
  5. Memperluas sariat islam dengan pendidikan yang bermutu
  6. Penggalian skill , bakat tanpa membedakan ras, suku dan golongan
  7. Menjadikan pusat pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan kitab kuning (kitab klasik)

Misi Pondok Pesantren Baabussalam adalah:

  1. Mendidik masyarakat sekitar demi regenerasi ummat islam ke depan
  2. Mendidik masyarakat di Kab. Tebo dan sekitarnya dan prop. Jambi Umumnya
  3. Orang tua Wali Santri
  4. Anak-anak terlantar dan yatim piatu
  5. Dan pegawai / pekerja di lingkungan pondok

III. KEADAAN MASYARAKAT SEKITAR
            Pondok Pesantren Baabussalam barada di sebuah lingkungan masyarakat yang heterogen, baik dilihat dari aspek sosial budaya maupun politik. Dari segi pendidikan secara umum masyarakat kecamatan Tengah Ilir masih rendah, ini dikarenakan masyarakat Tengah Ilir berasal dari kalangan menengah kebawah. Namun dikarenakan ekonomi mereka saat ini sudah mapan masalah pendidikanpun mulai sangat diperhatikan oleh masyarakat, hal ini tergambar jelas dengan jumlah peserta didik disetiap lembaga pendidikan cukup meningkat.

IV. ORGANISASI KELEMBAGAAN
              Pengelolaan lembaga yang ada di pondok pesantren Baabussalam dibawah satu badan hukum yaitu yayasan pondok pesantren Baabussalam Al-Islami dengan akte notaris Izmiral, SH. Nomor C-502.HT.03.01-tahun 2003. tanggal 7 Juli 2003. Pelaksanaan kegiatan seperti bidang pendidikan, menangani lembaga-lembaga pendidikan formal. Sedang pendidikan kePesantrenan ditangani oleh bidang Pondok Pesantren (PONTREN).

V. KEGIATAN PENDIDIKAN
            Pendidikan yang diselenggarakan di pondok Pesantren Baabussalam Al-Islami terdiri dari formal dan kePesantrenan. Pendidikan tersebut dari:
  1. Play Group
  2. Taman Kanak-Kanak
  3. Taman Pendidikan Al-Qur’an
  4. Madratsah Tsanawiyah
  5. Madratsah Aliyah
  6. Perguruan tinggi

Kurikulum yang dipakai adalah perpaduan antara kurikulum dari pesantren, Depag, kurikulum Dinas Pendidikan Nasional.

Adapun pendidikan pesantren yang diselenggarakan adalah mengkaji kitab-kitab modern (kholaf) dan kitab-kitab kuning (salaf) yang beraliansi pada pendalaman pada materi ilmu agama dan bentuk kegiatan santri yang untuk membahas berbagai permasalahan umat yang disebut dengan Bahtsul Masail.
VI. KEGIATAN EKSTRAKULIKULER
            Kegiatan ekstrakulikuler yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Baabussalam         Al-Islami baru tersedia diantaranya:
  1. Kaligrafi
  2. Al-Barjanji
  3. Tilawah Al-Qur’an
  4. Rebana
  5. Voli Ball
  6. Sepak Takraw
  7. Drama/Teater
  8. Bulu Tangkis
  9. Pengembangan Bahasa Asing
  10. Muhadhoroh / latihan ceramah
  11. Kursus bahasa inggris dan arab
  12. Pramuka
  13. Diskusi Agama
                                       
                                                                                                      
VII. PENDIDIKAN DAN KURIKULUM  
Pondok Pesantren BAABUSSALAM dengan program KMI (Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah) yang berapliasi ke PM Gontor dengan program perpaduan antara program Departemen agama baik Madrasah Tsanawiyah atau Madrasah Aliyah dan program KMI yang menggunakan paket silabus dari kelas 1 sampai kelas 6  ( 1-3 MTs dan 1-3 Aliyah ) diantara pelajaran agama yang di pelajari di Pondok Pesantren Baabussalam adalah :

القرأن
التفسير  : الجلا لين , الصاوي , المراغي , ابن كثير
الحديث  : الأربعين النووي ,الترغيب والترهيب , رياض الصالحين
الفقه    : الباجوري ,إعانة الطالبين , بداية المجتهد , فقه السنة
العربية   : دروس اللغة للامام زركشي
النحو    : مختصر الأجرومية ,الكواكب الدرية ,قطر الندى , ألفية ابن مالك
الفرائض : تحفة المرضية ,النفخة الحسنية ,الرحبية
المنطق    : السلم المنورق , علم المنطق
علوم الحديث : تحفة السنية ,مصطلح الحديث
البلاغة   : قواعد اللغة ,جواهر البلاغة ,البلاغة الواضحة
 ويليه كتب التراث الإسلامية

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar